Menhub Pastikan Ada 4 Titik Angkutan Pengumpan ke Terminal Mengwi

0
15

REPORTASEBALI.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau terminal bus Tipe A Mengwi, Kamis, 8 Agustus 2019. Menhub mengatakan, saat ini pihkanya tengah merancang angkutan penumpang atau feeder menuju ke Terminal terbesar di Bali itu.
 
Selama ini kondisi Terminal Mengwi Badung terbilang sepi untuk terminal bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Budi Karya mengatakan bakal memaksimalkan angkutan penumpang atau feeder.
 
“Feeder ini penting. Kalau selama ini orang merasa jauh kan, orang harus naik taksi. Keterhubungan ini penting, konektifitas ini penting, feeder ini penting supaya orang ada kepastian,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi.
 
Angkutan penumpang itu akan melayani calon penumpang di empat titik yakni, Mengwi, Ubung, Sentral Parkir dan Dalung. Di enpat titik itu akan ada feeder bus yang akan melayani penumpang setiap 10 menit sekali.
 
“Ada bus yang dedicated, kita subsidi, jadi tarifnya itu murah, nanti kalau ini bagus kita tambahin lagi dua arah,” kata Budi Karya.
 
Angkutan pengumpan itu akan disubsidi selama 3 tahun oleh pemerintah. Dalam kurun waktu itu, diharapkan jumlah penumpang di terminal Mengwi akan bertambah.
 
Budi Karya menambahkan, ia secara khusus ditugaskan oleh presiden untuk memperhatikan Bali. Mengingat Pulau Dewata sebagai destinasi wisata nasional dan dunia. Karena itu, semua infrastruktur moda transportasi harus dibenahi dengan baik.
 
Menhub memastikan, subsidi angkutan pengumpan akan dikucurkan pada tajun 2020.
 
“Mungkin kita bisa majuin dikit lah, di Bulan Oktober udah kita mulai,” kata Menhub.
 
Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Wayan Koster meninjau rencana pengembangan kawasan Dermaga Sanur di Pantai Matahari Terbit, Denpasar serta kelanjutan pembangunan Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem, Jumat (26/7/2019) lalu.
 
Kunjungan Menhub Budi Karya Sumadi merupakan bagian rencana percepatan realisasi pembangunan infrastruktur transportasi terintegrasi di Bali yang digagas Gubernur Wayan. Akselerasi pembangunan di Bali juga telah mendapat dukungan Presiden Joko Widodo. (day)