Grab Resmi Beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

0
59
Grab Resmi Beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

REPORTASEBALI.COM, BADUNG – Head of Public Affairs, Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno mengatakan Grab melalui kemitraan strategis dengan Angkasa Pura 1 hari ini, Kamis (23/01/2020) resmi menghadirkan layanan GrabCar Airport di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Untuk mendukung ketersediaan armada layanan roda empat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Grab menjalin kemitraan dengan lima operator taksi resmi bandara merupakan armada anggota koperasi atau badan usaha yang sebelumnya telah terdaftar sebagai mitra kerja PT Angkasa Pura I (Persero), yaitu koperasi Trans Tuban, Sapta Pesona, Loh Jinawi, Bali Segara, dan Koperasi Karyawan Angkasa Pura I (Kokapura).

Adapun mitra atau driver yang mengoperasikan armada transportasi darat tersebut berasal dari desa adat penyangga bandar udara, yaitu Desa Adat Tuban, Kelan, dan Kuta. Mereka telah menjalani pelatihan sebagai mitra pengemudi GrabCar sesuai standar keselamatan dan keamanan Grab.

“Kami sangat gembira dengan terwujudnya kemitraan strategis ini. Kepercayaan serta dukungan Angkasa Pura I mengokohkan peran kami dalam mendukung kemajuan industri pariwisata tanah air. Hadirnya Grab sebagai satu-satunya perusahaan ride-hailing yang resmi beroperasi di Bandara Internasional Ngurah Rai lewat layanan GrabCar Airport, para wisatawan maupun masyarakat Bali kini semakin mudah mengakses layanan transportasi bandara yang aman dan nyaman. Berdampingannya Grab dengan para koperasi taksi bandara ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan para mitra pengemudi yang juga anggota koperasi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado menyatakan bahwa layanan ini dihadirkan untuk menjawab perkembangan teknologi.

“Layanan yang merupakan hasil kerja sama antara PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Grab ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan akan suatu moda transportasi darat yang mudah diakses melalui penggunaan teknologi informasi,” ujarnya.

“Ditunjuknya Grab sebagai perusahaan penyedia aplikasi pemesanan transportasi darat berbasis teknologi ini merupakan hasil dari proses panjang seleksi komersial yang melibatkan berbagai perusahaan sejenis. Tentunya, dapat saya tegaskan bahwa proses seleksi telah dilaksanakan secara transparan, terbuka, dan akuntabel. Dengan aplikasi ini, pengguna jasa bandar udara juga turut menikmati layanan transportasi darat yang memberikan harga layanan yang bersaing, serta transparan,” lanjutnya.

Ditunjuknya Grab sebagai perusahaan penyedia layanan pemesanan transportasi darat berbasis aplikasi ini merupakan hasil seleksi mitra usaha yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Proses seleksi dimulai dari pengumuman pembukaan seleksi yang dilakukan melalui publikasi di berbagai media lokal dan nasional per tanggal 19 September 2019 silam.

Proses pendaftaran pun dilakukan secara online melalui website resmi www.transport.baliairportselection.com. Sebelum dilakukan peresmian pada hari ini, layanan Grab Airport telah beroperasi setelah dilakukan soft launching pada Jumat, 10 Januari silam.

Dihadirkannya layanan Grab Airport ini merupakan komitmen manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap seluruh pengguna jasa bandar udara, dalam hal ini adalah dalam layanan transportasi darat penghubung bandar udara, serta memberikan alternatif di samping moda transportasi darat berbasis angkutan sewa khusus non-aplikasi. Melalui layanan ini pula, manajemen perusahaan pengelola bandar udara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah bagi armada penyedia layanan transportasi darat.

Melalui kemitraan resmi dengan Angkasa Pura I, Grab juga menyediakan fasilitas Grab Lounge yang ditujukan sebagai meeting point antara penumpang dan mitra pengemudi GrabCar di Terminal Kedatangan Domestik dan Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Para penumpang dapat menunggu dengan nyaman sekaligus menikmati fasilitas Grab Lounge berupa outlet pengisian daya listrik dan bantuan dari para staf operasional transportasi Grab.

Cara pemesanan GrabCar Airport Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sangat mudah. Para pelanggan yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dapat memesan layanan GrabCar Airport lewat aplikasi Grab. Setelah mengonfirmasi titik penjemputan dan tujuan, penumpang dapat langsung menuju ke Grab Lounge yang terletak di Terminal Kedatangan Domestik dan Terminal Kedatangan Internasional dan menunggu mitra pengemudi GrabCar Airport untuk menjemput. Jika penumpang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai layanan GrabCar Airport, staff operasional transportasi Grab siap membantu mereka di Grab Lounge.

Berbagai manfaat bagi pengunjung dan pengguna GrabCar Airport

● Titik jemput resmi di Grab Lounge: Saat mendarat, pengunjung dapat bertemu dengan mitra pengemudi GrabCar di titik jemput resmi di Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan mudah! Pengunjung cukup memesan layanan GrabCar Airport langsung dari aplikasi Grab dan menunggu mitra pengemudi menjemput di Grab Lounge.

● Kepastian Tarif: Pengunjung dapat menikmati kepastian tarif lewat layanan GrabCar Airport yang sudah disetujui dari awal pemesanan dan biaya yang terjangkau.

● Fitur keamanan terlengkap: Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara GrabCar Airport, Grab telah meluncurkan lima (5) fitur keamanan bagi pengguna dan mitra pengemudi termasuk panggilan gratis untuk berkomunikasi dengan mitra pengemudi berkat teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP); tombol darurat (SOS Button); Verifikasi Wajah Penumpang dan Mitra Pengemudi untuk mengetahui identitas pengguna aplikasi melalui swafoto; bagikan perjalanan Anda (share my ride) yang akan memudahkan kerabat Anda memantau perjalanan Anda secara real-time

● GrabRewards: Pelanggan akan mendapatkan poin GrabRewards untuk setiap transaksi non-tunai yang dilakukan di aplikasi Grab dan dapat menukarkannya dengan berbagai produk yang dapat dilihat di aplikasi Grab.

Bandara Internasional Ngurah Rai menjadi bandara ke-23 di Indonesia yang didukung oleh layanan GrabCar Airport, dimana sebelumnya layanan roda empat tersebut telah hadir di 22 bandara berbagai kota di Indonesia, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta; Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung; Bandara Internasional Kualanamu, Medan; Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang; serta Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Ke depannya, Grab akan terus mengembangkan jangkauan layanannya ke lebih banyak bandara lain di Indonesia.